Friday, January 22, 2010

Aspek dan Tips Touring Ala iwan Black Vixy '08




TOURING.... Satu kata yang memang bisa buat orang pusing dibuatnya kalo tidak dilakukan dengan perencanaan yang pasti apalagi bikers tersebut tidak hobi Touring. Touring itu menyangkut ke berbagai aspek kehidupan para bikers diluar dari manfaat yang sudah pernah ane bahas sebelumnya. Ane coba bahas aspek-aspek tersebut dan dengan tips-tips ala iwan.

Aspek yang akan coba ane share dalam kesempatan kali ini yaitu Keuangan, Kendaraan, Kenyamanan dan Keselamatan Nyawa Bikers, Kesehatan Bikers, Aspek Sosial Bikers.


1. Keuangan
  • Keuangan untuk 1 kali perjalanan Touring memang tidaklah sedikit. maka dari itu ane pribadi sudah mulai menabung dari selesai touring sampai touring selanjutnya, yah minimal sebulan Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Karena memang keuangan itu harus dipos-poskan atau dibagi-bagi dengan kebutuhan sehari-hari.
2. Kendaraan
  • Persiapkan Kendaraan sebelum Touring minimal 1 atau 3 hari sebelumnya, yang bagus sih seminggu sebelumnya sudah dipersiapkan (diservice) ganti oli dan dicek segala sesuatunya mulai dari mesin, rem sampai ke tekanan angin ban.

  • Selama Perjalanan Touring pun harus diperhatikan cara membawa Motor kita, jangan asal tarik gas pooll aja... Safety Ride bro dan juga pasti berkaitan dengan pemakaian bahan bakar kemudian berkaitan juga dengan keuangan kita toh.

  • Setelah Touring segera ganti oli walaupun di kilometer kita hanya terpakai 600 KM, itu berguna untuk menjaga kinerja mesin motor kita. Lebih bagus sih service sekalian Bro and Sis.
3. Kenyamanan serta Keselamatan Nyawa Bikers
  • Keselamatan Nyawa Bikers ini yang menjadi momok paling mengerikan. Namun apabila kita disiplin dan mengikuti briefing-briefing yang diadakan insya allah akan terjaga keselamatan kita. Karena Briefing-briefing itu berguna untuk Safety Ride kita selama Touring. So... kalo briefing jangan pada ngobrol-ngobrol sendiri-sendiri yah bro and sis. Ingat... Safety Riding itu penting !!!

  • Patuhi berbagai tanda dari Leader sampai Sweaper dan atur kecepatan sesuai intruksi dari Leader. Apabila bikers lelah atau ingin sesuatu jangan sungkan untuk memberitahu Leader, ingat faktor kelelahan adalah penyebab tertinggi kecelakaan lalu lintas. Waktu lelah manusia mengendarai kendaraan adalah kurang lebih 2 atau 3 jam perjalanan setelah itu pasti harus istirahat sejenak.
4. Kesehatan Bikers
  • Pre- Touring bikers harus perhatikan kesehatannya. Asupan makanan yang baik serta menjaga kebugaran tubuh.

  • Selama Touring kesehatan pun perlu diperhitungkan, karena akan sangat mempengaruhi performa kita mengendarai kendaraan.

  • After Touring, paling yang ane lakukan yah istirahat yang cukup karena esok harinya sudah harus bekerja. Yah kalo pegal-pegal bolehlah pijit-pijit, tidak lupa ane pasti minum jamu setelah touring yah jamu tolak angin atau pegal linu.

5. Aspek Sosial
  • Mungkin aspek ini tidak akan terasa langsung ataupun bisa juga terasa langsung saat sebelum, selama dan sesudah Touring. Yang terpenting tetap jaga solidaritas tinggi kita dan jaga komitmen terhadap Klub dimana kita bernaung.

Demikian Aspek dan Tips yang dapat ane share dalam kesempatan kali ini. Mohon maaf, disini ane bukan menggurui... ane cuma mau share aja. Toh untuk mengingatkan kita semua sebagai bikers yang cinta Touring.

Salam Touring,


iwan - Ketua BM2C

Artikel Terkait



3 comments:

ARI said...

SR 7 & YANG PALING PENTING JAGA KEKOMPAKAN YG SLLU ANE SERUKAN

SALAM KOMPAK
ARI_THE GREEN KING

fredy talk" said...

bener bngt bro.... "no matter what u ride but how you to ride it"

iwan black vixy '08 said...

@Ari : siip bro.. pastinya harus itu...
@Fredy : okelah kalo bgitu...

Post a Comment