Thursday, February 4, 2010

Irit atau Boros Selama Touring ???


Dalam Touring, Konsumsi Bahan Bakar tiap motor yang dikendarai oleh bikers tentunya berbeda-beda. Apa sebab dan Kenapa hal ini terjadi ? Bisa ga sih disiasati dengan style dan skill kita riding ? Kalau sudah seperti itu kita pilih irit atau boros dalam Touring ?

Berbedanya porsi Konsumsi BBM salah satunya dipengaruhi oleh faktor ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). ATPM-ATPM tentu membuat porsi konsumsi BBM yang berbeda-beda, dikarenakan ATPM-ATPM mempunyai alasan tertentu dengan takeran porsi konsumsi BBM-nya, mungkin tenaga yang dihasilkan, keawetan mesin, dan sebagainya yang berkaitan dengan teknis. Selain itu juga faktor Boros atau irit dipengaruhi oleh style dan skill bikers dalam mengendarai motornya. Apa betul begitu ? mari kita simak pengalaman-pangalaman Ane dan teman-temen BM2C ketika Touring.

Mohon maaf sebelumnya, bukan maksud Ane menggurui atau merasa paling bener.. Ane disini cuma mau sharing pengalaman selama Touring saja. Contoh kasus waktu BM2C Touring ke gunung Tangkuban Parahu beberapa tahun yang lalu, saat itu Ane menggunakan Yamaha F1ZR '97 B 6773 EO ("si BEO") 2 tak pastinya. Konsumsi BBM Motor 2 tak memang terkenal agak boros dibandingkan dengan konsumsi BBM motor 4 tak. Tapi ternyata itu semua bisa kita siasati dengan cermat. Yaitu dengan Style dan Skill berkendara yang baik disaat macet, lurus lancar, berkelok, maupun disaat naik-turun melalui pegunungan. Saat itu selisih "si BEO" dengan Yamaha Vega R yang dikendarai teman tidak jauh beda konsumsi BBM-nya, hanya selisih beberapa Liter saja.

Itu beberapa tahun yang lalu bro and sis. Belum lama ini Ane touring ke Ujung Kulon Banten lalu memutar sampai ke Pelabuhan Ratu - Sukabumi. Ane dan satu teman BM2C mengendarai motor yang sama yaitu Yamaha V-ixion sama-sama standart ATPM (cuma beda tahun aja.. Ane tahun 2008 si Bro x 2009 akhir). Kita sama-sama isi Full Tangki BBM dari Start Ciledug bedanya Ane pake Shell dan si Bro x pake pertamax (Maaf bro bukannya ga cinta sama indonesia, kebetulan aja ane pake shell). Baru aja start di jalan Ciledug Raya si Bro x udah tarik gas dan sempet berhenti untuk mengecilkan RPM. Ane dah ingetin kalo bisa jangan dibawah 1000 RPM itu, tapi doi pengennya begitu ya sudah di iya kan saja. hehehe.

Sampai Tj Lesung belum lah terasa apa-apa karena jalan datar dan kita sama-sama belum masuk pit stop (SPBU) tapi perbedaan signifikan terlihat di jarum petunjuk BBM. Dalam perjalanan dari Tj Lesung Banten ke Cisumur Banten si Bro sudah membeli BBM eceran dipinggir jalan. alasan takut abis dijalan. sedangkan ane masih ada 1/2 tangki. hehehee. Perjalanan Cisumur Banten ke pelabuhan Ratu lebih terasa lagi. Ane belum isi tangki sama sekali si Bro sudah isi berkali-kali di pinggir jalan hampir sama dengan motor king. Ane sempet isi Rp 15.000 premium (karena tidak ada pertamax) didaerah bayah. sesudah itu Ane isi Rp 50.000 BBM pertamax di Pelabuhan Ratu, dan sampe Jakarta masih bisa dipakai kerja selama 3 hari. Jarak tempuh sehari sejauh 35 KM sehari. Total kurang lebih abis 14 liter untuk perjalanan 610 KM mengitari Ujung Barat dan Selatan pulau jawa kali ini, atau setara dengan 1 liter untuk 43,6 KM. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan sangat berarti. Tapi Memang masih kalah dengan Konsumsi BBM Bajaj Pulsar 200 cc milik Bro Sukhoi dan Bro Abi, sama sekali tidak perlu isi BBM ditengah jalan. HEBAATT dan SAALLUUTT buat BAJAJ PULSAR. Tapi tetep Ane Cinta sama my black V-ixion '08... MANTAAP DEH..!!!

Sementara itu penggunaan BBM The Green King 2 tak Bro Ari tidak jauh berbeda dengan Scorpi Z 4 tak yang dikendarai Bro Fredy, mungkin untuk settingan penggunaan BBM mereka tidak jauh berbeda kali yah... atau Style dan Riding mereka yang mempengaruhinya ? itu perlu di konfirm ke mereka... Mengingat memang Bro Ari sudah sangat berpengalaman. Cayo Suhu... hihihi... Adapun konsumsi motor-motor Bebek 4 tak yang dikendarai Bro Ajay (Supra Fit) dan Bro Bruri (Vega R) tidak Jauh berbeda dan lumayan irit (maaf ane lupa tanya konsumsi BBM mereka berapa Liter Utk 1 KM-nya.

Dari Tulisan diatas Ane berkesimpulan bahwa settingan Motor, Style dan Skill Riding sangat saling mempengaruhi satu sama lain dalam hal irit atau borosnya penggunaan BBM saat Touring. Perlu diketahui bersama, Ngebut boleh asal jangan main tarik aja tuh gas. Ane melakukan sprint dan menaiki tanjakan hanya dengan seperlunya di RPM tidak langsung gentak tancap gas. yah sedikit di manja dikit deh pelan-pelan tarik gasnya yang penting masih dalam barisan dan bisa menjaga jarak dengan Riders yang ada didepan kita. Catatan pula saat itu ane bertugas sebagai Co-Sweaper mendampingi The Green King Bro Ari.

Jujur Ane lebih suka Motor yang penggunaan BBM-nya irit, agar Pos Keuangan selama Touring terjaga. Istilah ane sih... "Kalo bisa irit BBM kan, kita gak perlu nguras Pos keuangan kita terlalu dalam toh..." hehehehe.

So... mau pilih Irit atau Boros ? itu kembali lagi ke diri para Bikers. Yang Penting kalo Touring itu Enjoy the Trip, dan dahulukan Safety Riding pastinya... Selamat Touring dan nikmati perjalananmu... "TOURING IS THE JOURNEY NOT DESTINATION"

Buat yang mau sharing.. silahkan kirimkan di kotak komen yang sudah tersedia atau bisa kirim E-mail di Sub About BM2C lalu Klik Contact Us.

Thanks a Lot

Written by,

iwan black vixy '08
-Ketua BM2C-

Artikel Terkait



5 comments:

fredy said...

menurut pendapat saya , untuk porsi boros atau irit nya sangat di pengaruhi oleh style riding..untuk bisa menekan konsumsi bbm kita harus buka tutup gas secara teratur and halus, tidak menghentak. istilah keren nya"continous power" di jamin di bisa irit dech.


fredy

iwan black vixy '08 said...

intinya sih permainan di RPM dan tarikan awal bro and sis... lumayan kalo Touring irit BBM bisa buat beli oleh2 uang lebihnya... hihihi... bravo bikers

Mr. U Black Tiger said...

menurut ane, untuk irit/borosnya kendaraan dipengaruhi Style riding bkn yang laennya, oke bro
teruskan

ARI_THE GREEN KING said...

ya mang bener sih style riding sangat sangat berpengaruh thdp konsumsi BBM,tapi pastinya kl sweeper style ridingny ma beda, kl sama tar keteter dong he...he...,menurut ane yah pinter2 atur aj deh.
Irit perlu tp kl ane blg sih have fun lbh PRIORITAS (sory bro bknya ane sok kaya lho)

SALAM KOMPAK
ARI_THE GREEN KING

iwan black vixy '08 said...

Bener bgt All My Bro... Style dan Skill Riding mempengaruhi selain memang Settingan motor.... Ayoo terus Touring... Biar Irit asal Have Fun itu menyenangkan... hehehee


iwan
-ketua BM2C-

Post a Comment