Wednesday, April 28, 2010

Polisi Akan Tilang Bikers yang Lampu Belakangnya Menyilaukan

Peringatan bagi para bikers dan pengendara mobil yang mengganti warna lampu rem belakang dari warna merah menjadi putih/transparan, selain membuat silau dan membahayakan pengendara dibelakangnya. Polisi pun akan menindak dengan memberikan surat tilang dengan denda maksimal Rp. 500 ribu.

Sebab dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas, disebutkan jika kendaraan bermotor dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan antara lain : Bumper tanduk dan lampu menyilaukan. Hal itu melanggar pasal 279 Jo 58 dengan denda maksimal Rp.500 ribu.

Hal tersebut disampaikan oleh Pa Siaga TMC AKP Mujiana di TMC, Mapolda Metro Jaya, Rabu (28/04/2010).

Mujiana menjelaskan, TMC sering menerima keluhan dari masyarakat perihal pelanggaran tentang lampu motor menyilaukan pengendara di belakangnya.

Perlu diketahui, pabrikan telah mengatur peruntukan lampu sesuai fungsinya, yang mana lampu depan kendaraan terbuat dari mika berwarna bening sehingga memiliki pancaran cahaya yang memecah dan memudar sebagai fungsi pengelihatan jalan ke depan, sedangkan lampu belakang memang di design kaca mika berwarna merah dan pancarannya redup sebagai fungsi pertanda kondisi kendaraan melakukan pengereman.
(erw)

Sumber: Ditlantas Polda Metro Jaya

Artikel Terkait



4 comments:

Anonymous said...

Salam Biker...
Maaf ya Bro.. Boleh kritik dikit yaks..
Kalau boleh pict di front pagenya diganti, khususnya saat Brother BM2C ridding tapi ga menggunakan Helm..hehehe.. agak gimana gitu dengan artikl yang banyak menyuarakan safety ridding.. Keep Safety and Brotherhood Bro..

Alied19
KOSTER - K023
KIT Riders - K001
Member Of Road Safety Asociation (RSA)

admin said...

Terima kasih atas sarannya bro Alied19, masukan ini sangat berguna bagi kami, akan segera kami perbaiki bro...

iwan black vixy '08 said...

Dear Alied19
KIT Riders - K001,

Thanks banget nih koreksinya.. akan segera diperbaiki. kebetulan saat pembuatan blog ini Foto2 yang dimiliki kami sedikit stok nya.. insya allah segera diperbaiki.. sekali lagi terima kasih kritik yg membangunnya..

salam brotherhood,

iwan
Black vixy '08
Komandan BM2C

Anonymous said...

Alhamdulillah...
Mantab Om Mimin.. Komandan Bro Iwan BV-08.. Beautiful Brotherhood Not on the street.. :-)
Top Deh Blog nya sekarang..
Ditunggu Tet tot nya kalau ketemu di jalan...

Alied19
KOSTER - K023
KIT Riders - K001
Member Of Road Safety Asociation (RSA)
BlekGledek - B.6613.PBI

Post a Comment