Thursday, February 11, 2010

ROAD SAFETY

Apakah arti Road Safety itu sendiri ?

Adalah keamanan, kenyamanan dan keselamatan semua pengguna jalan dari kesalahan dan atau kecelakaan yang disebabkan oleh pengguna jalan lain atau disebabkan oleh diri kita sendiri.

Data mengenai Road Safety

Laporan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) dalam laporannya bertajuk Youth and Safety pada 2007 menyebutkan, kecelakaan lalu lintas adalah penyebab utama kematian di kalangan anak muda antara usia 10 - 24 tahun. Hampir 400.000 anak muda di bawah usia 25 tahun tewas dalam kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya. Jutaan lainnya terluka atau cacat.



Data statistik WHO menunjukkan bahwa kecelakaan lalu lintas pada 1998 menduduki peringkat ke-9 sebagai penyebab kematian dibawah atau setara dengan penyakit malaria. Diperkirakan pada 2020, kecelakaan lalu lintas akan menjadi penyebab kematian ke-3 tertinggi di dunia di bawah penyakit jantung koroner dan depresi berat. WHO juga memprediksi pada rentang tahun 2000 hingga 2015 sedikitnya 20 juta jiwa meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, lebih dari 1 miliar orang luka-luka, cacat atau kehilangan tanggungan hidupnya karena menjadi korban kecelakaan yang sebagian besar terjadi di negara-negara berkembang.

Dalam Mengendarai Mobil atau Motor

Mengendarai mobil atau motor adalah memindahkan kendaraan tersebut dari satu tempat ke tempat lain dengan aman, selamat dan se-efisien mungkin tanpa terjadi kesalahan dan atau kecelakaan, minimal memperkecil resiko tersebut. Karena setiap kita memindahkan kendaraan resiko terjadi kesalahan dan atau kecelakaan itu selalu ada.

Karena keselamatan di jalan bukan dimulai dari orang lain tapi dimulai dari diri anda sendiri, maka kita harus mempunyai keahlian, ketrampilan dan pengalaman yang tinggi dalam mengemudi dengan mengacu pada standar – standar nasional.

(UULAJ No.14 / 1992 dan SNI) dan Internasional (US DOT, SAE, EURO Standard dan lain nya).

Bagaimana kita dapat memperkecil resiko tersebut diatas ?

Dengan mengendarai mobil atau motor secara defensive dan safety.

Defensive Driving/ Riding:

Perilaku mengendarai mobil atau motor yang bertanggung jawab agar dapat terhindar dari kesalahan yang disebabkan oleh orang lain dan atau oleh diri kita sendiri serta se-efisien mungkin.

Safety Driving/ Riding:

Keahlian, ketrampilan dan pengalaman serta ditunjang konsentrasi yang tinggi dalam mengendarai mobil atau motor.

3 Faktor Utama Defensive Driving / Riding.

- Karakter Pengendara
- Kondisi Pengendara
- Kondisi Kendaraan (mobil/motor)

sumber; Shell Indonesia

Artikel Terkait



3 comments:

Andry said...

Sedikit koreksi saja perihal pemaknaan Safety vs Defensive. Keduanya ada pada ilmu yang sama yaitu SAFETY. Tapi jika diletakkan pada pembagian perilaku maka :

1 Safety adalah Pencegahan
2 Defensive adalah Antisipasi

Tidak ada yang Safe/Safety/Aman jika kita sudah memutuskan turun ke jalan raya yang notabene adalah A KILLING FIELD. So pengaturan perilakunya akan mengarah ke Defensive Riding/Driving.

Tingkatan lanjutannya adalah Recovery Riding, disini skill yang banyak dituntut agar kita terdidik untuk lepas dari kemelut kecelakaan.

Btw it's a good article. Keep that spirit.



Best Rgds

Andry
JDDC Crash Free Int'l
www.jddc-online.com

iwan black vixy '08 said...

@Bro Andry JDDC : Terima Kasih atas koreksinya.. ini akan memperkaya pengetahuan kita ttg Safety Riding... ^_*

iwan
black vixy '08

Brigade BM2C said...

Terima kasih atas koreksinya bro Andry, mohon update terus informasinya agar kami para bikers bisa lebih tenang di jalanan.

Post a Comment