Monday, September 6, 2010

Safety Riding Selama Mudik


Hallo Bro and Sist.. apa kabar nih..? beberapa hari ke depan Umat Muslim akan merayakan hari kemenangannya yang Fitri.. "Selamat hari raya Idul Fitri 1431 H.. Mohon Ma'af Lahir dan Bathin".. Bro and Sist, Seperti kita ketahui, ada Himbauan dari berbagai pihak, salah satunya Kepolisian Republik Indonesia bahwa para pemudik diharapkan tidak membawa Kendaraan roda dua alias Motor. Alasannya sudah cukup banyak korban ketika musim mudik tiba yg Korban terbanyaknya ada para Bikers yang mudik. Alternatif yang dapat dilakukan yaitu mem-Paket-kan Motor pemudik dengan berbagai jasa pengiriman atau mengikuti Program Mudik yang menyediakan Truk pengangkut motor dan Bus untuk Bikers2nya.. seperti yang dilakukan oleh salah satu ATPM terkenal di Indonesia. Btw Mudik..?? Apa sih Mudik itu Bro and Sist..? Terus, apakah sudah nyaman, aman dan terjangkau-kah angkutan umum yang tersedia saat ini..? Kenapa Motor dilarang dan Aman ga sih Mudik pake motor itu jika diulas dari sisi Bikers..? Berikut ane akan coba mengangkat issue hangat ini walaupun bukan issue baru.

Mudik..? Menurut ane berasal dari kata Mulih nang Udik.. atau bisa dibilang pulang ke kampung halaman untuk merajut tali silaturrahmi yang mungkin saja selama 11 Bulan masing-masing dari kita sibuk sehingga tidak sempat untuk pulang ke kampung halaman. Mudik merupakan tradisi unik selain "ngabuburit" di Bulan Ramadhan ini. Tradisi Mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri hanya ada di Indonesia dan India (*menurut ane karena belum pernah liat berita dinegara2 lain yang bilang mudik bagi warga negaranya hehe..). Musim mudik di Indonesia yang kita Cintai ini memang unik dan berbeda, dan sepengetahuan ane bukan hanya muslimin dan muslimat saja yang ikut mudik bro and sist.. Hampir semua warga negara Indonesia yang merantau kembali ke kampung halamannya. Berjuta-juta kendaraan memenuhi Jalur-jalur Mudik yang sudah biasa dilewati pemudik. Untuk di Pulau Sumatera misalnya.. Jalur Lintas Sumatera pasti padat, di Pulau Jawa ada Jalur Selatan dan Jalur Pantura. di Pulau Kalimantan ada Jalur trans kalimantan dan masih banyak yang lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Angkutan yang dipergunakan saat Mudik pun Unik-unik bro and sist. Ada yang menggunakan Sepeda Onthel, Becak, Bemo, Bajaj, Motor, Mobil Pribadi, Bus-bus, Truk-truk, Kereta, Pesawat dan angkutan lainnya. Dengan berabagai alasan yang bisa ane terima dengan nalar pastinya. Contoh hal kemarin di berita Televisi Swasta ane liat ada 1 keluarga yang mudik dari Semarang ke jombang menggunakan Sepeda Onthel dan Becak. Sang Anak mengendarai Sepeda Onthel sedangkan Sang Bapak Mengayuh Becaknya yang berisi Istri dan 2 anaknya. Ketika ditanya alasan kenapa tidak menggunakan Transportasi lain, si Bapak menjawab kapok naik sepur, udah ga dapet tempat mahal pula harga tiketnya.. ckckckk.. alasan yang bisa diterima oleh nalar ane bro.

Saat ini ada Fenomena yang sedang ramai-ramainya dan jadi sorotan karena disinyalir penyebab kemacetan yang terjadi di Jakarta (*walaupun menurut ane tidak terlalu menjadi penyebab yang signifikan) yaitu "Sepeda Motor". Memang Sepeda Motor dalam beberapa tahun terakhir menjadi primadona untuk moda angkutan Transportasi pengganti Mobil pribadi dan angkutan umum yang belum nyaman, aman dan murah buat rakyat kecil seperti ane ini. Jujur ane kapok naik angkutan umum. Terutama faktor keamanan dan kenyaman serta ongkos yang mahal kalau kita menuju suatu tempat karena harus naik berkali-kali angkutan umum. Untuk Mudik khususnya, PO Bus diperkenankan menaikkan tarif alias Tuslah oleh yang punya kebijakan. Dan Tuslahnya pun terkadang bisa naik sampe 25 % bahkan untuk bus tambahan atau bantuan Lebaran bisa naik 50 sd 75 % dari harga tiket normal. Ditambah pula kenyamanan yang tidak diperhatikan oleh para awak bus. Bahkan bus yang sudah poll tempat duduknya dibilang kosong oleh kondektur, alhasil banyak penumpang yang berdiri. ckckckk. Bisa dibayangkan jika kondisi jalan macet penumpang penuh sesak, pasti pengap dan bau segala macam. Ane juga pernah merasakan mudik menggunakan jasa Kereta, Kereta memang bertarif jauh lebih murah dari Bus-Bus tadi namun untuk kenyamanan waaahhh jauh banget dari harapan. Toilet atau sambungan gerbong pun penuh sesak oleh pemudik, bisa mateng kaya fresto deh lelah dan panasnya poll hehee.

Sejak ane memiliki SIM C atau Surat Izin Mengendarai Sepeda Motor, ane beralih dan berpaling dari angkutan umum ke kendaraan sepeda motor. Yang menurut ane lebih bisa menikmati perjalanan walaupun macet menerpa. Pertama punya SIM C ane Tahun 2001, sampai sekarang tahun 2010, kalo tidak salah dah 8 kali lebaran ane Pulang Kampung alias Mudik mengendarai Motor, mulai dari si bebek tangguh F1ZR sampai sekarang si Luna nan Sexy (*V-ixion). Alhamdulillah selama perjalanan Mudik tidak menemui kendala yang berarti. Amankah bepergian jauh diatas 200 KM, termasuk Mudik mengendarai Motor. Ane jawab insya allah aman selama kita disiplin menerapkan Safety Riding dan Waspada Serta berhenti jika Lelah mulai menghinggap. Oh iya info nih ane Pulang Kampung ke daerah sunda, tepatnya Ciamis dengan jarak Jakarta-Ciamis 305 KM.

Kenapa ane jawab insya allah aman mengendarai motor untuk bepergian jauh termasuk mudik..? alasan ane simple.. Jika kita mengerti dan menerapkan Safety Riding dengan baik dan benar insya allah aman berkendara. Mengerti dan menerapkan yang seperti apa sih ?.. Safety Riding merupakan panduan kita dalam berkendara yang aman kecuali faktor X diluar kemampuan kita.

-> Safety riding itu meliputi berbagai hal yang sangat membantu kita meminimalkan resiko terjadinya kecelakaan, diantaranya yaitu : Persiapan diri kita fisik maupun mental sebelum mengendarai motor. Pengetahuan tentang fungsi-fungsi yang melekat di Motor seperti gas, rem, lampu sein, lampu besar dan sebagainya. Perilaku dalam berkendaraan. Skill berkendaraan. Pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas yang harus dipatuhi. Pengecekan kesiapan Kendaraan, mulai dari Fungsi gas, Lampu, Rem, Ban, kelistrikan motor dan kesiapan lainnya. Singkatnya Safety Riding itu mendisiplinkan kita untuk mempersiapkan diri dan motor serta meningkatkan skill dan juga disiplin untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Yang tak kalah penting yaitu jangan berboncengan yang berlebih dan juga bawa barang-barang yang berlebih, karena itu mengganggu safety riding kita.

Persiapan Mudik dan selama perjalanan ane membiasakan diri untuk melakukan banyak hal seperti berikut ini...:

Sebelum Mudik yang ane biasa persiapkan, istirahat cukup sebelum jam keberangkatan dan menyantap sahur dengan yg tinggi protein serta meminum multivitamin guna menjaga badan tetap Fit selama perjalanan. Lalu ane biasa service Motor 4-5 hari sebelum Mudik untuk memastikan motor juga Fit. Berikutnya mengepak barang bawaan seringkas mungkin. Terus lakukan sedikit peregangan sebelum mengendarai motor dan membawa Jas Hujan pastinya walaupun dari rumah kondisi cuaca cerah.

Dalam perjalanan ane mendisiplinkan diri agar tetap Safety Ride. Beristirahat tiap 2 jam sekali atau jika Lelah walaupun sebelum batas maksimum kelelahan manusia yaitu 2 jam berkendara. Tetap sabar dan tenang dalam berkendara. Ketika istirahat biasakan cari tempat yang nyaman, kalo ane sih biasa istirahat di Masjid warga atau di Musholla SPBU yang terasnya luas biar bisa tidur2an. Rekomendasi Tempat istirahat favorit ane di Masjid Agung Cipatat dan Masjid Nagrek. Setelah itu beristirahat sejenak di SPBU Cihaur beuti. Langsung deh my village Ciamis. 305 KM..


Ringkasan Tips dan sedikit info buat Teman-teman yang mau Mudik Pakai Motor Tolong disiplinkan diri yah agar selamat sampai tujuan.
Foto : sumber yamahooligan ( http://www.yamaha-motor.co.id/promo/2/ )

Tips Mudik :

  1. Persiapkan diri baik Fisik maupun mental.
  2. Persiapkan motor/Service check semua mulai dari mesin sampai ke kelistrikan motor.
  3. Disiplin berkendara dengan mematuhi Rambu Lalu Lintas dan Safety Riding First.
  4. Gunakan APD : Helm Standart, Jaket, Sarung tangan, Sepatu & protektor lutut+sikut.
  5. Persiapkan Jas Hujan yang setelan jangan batman walaupun cuaca terlihat terang.
  6. Bawa Kunci Ganda kendaraan anda agar senantiasa aman dan tenang ketika istirahat.
  7. Istirahat ditempat aman dan nyaman tiap 2 jam sekali karena 2 jam itu titik lelah manusia dalam beraktifitas.
  8. Pastikan persediaan Bahan Bakar di tangki mencukupi sampai ke SPBU berikutnya.
  9. Jangan membawa barang berlebihan dan jangan ugal-ugalan.
  10. Apabila kita terlibat dalam rombongan pemudik. ingat rumus Touring yah.
  11. Jangan lupa bawa kunci-kunci darurat jika kendaraan anda mengalami trouble.


Info-info yang bisa ane sajikan :

A. Untuk pemudik jalur selatan,

  1. Waspadai Jalan luar kota yang 1 jalan digunakan 2 arah tanpa pembatas jalan beton.
  2. Waspadai daerah Bandung yang seringkali dilanda macet karena angkot ngetem ataupun keberadaan pasar tumpah.
  3. Hati-hati Banyak Jalan yang berlubang dan bergelombang. Puasa ke 4 ane ke Ciamis antara lain bergelombang di Nagrek dan Gentong serta Jalan berlubang banyak ane jumpai ketika masuk Ciawi Tasikmalaya, dan jalan Tasikmalaya sampai Ciamis. *mohon pihak berwenang diperbaiki tuh. Selebihnya jalan di jalur selatan mantabbss bro..
  4. Waspadai palang pintu Kereta api yang tidak ada penjaganya.
  5. Info baik jika terjadi kemacetan, Jalur Lingkar Nagrek sudah bisa dilalui namun tetap hati-hati karena aspal baru pasti licin, dan juga kontur tanah yang rawan longsor serta banyak terdapat jurang-jurang yang curam.
  6. Bagi pengguna Pertamax, sangat jarang dijumpai Pertamax setelah kota Bandung, paling dekat ada Pertamax diSPBU kota Tasikmalaya dan Ciamis setelah ciung wanara.


B. Pemudik Jalur Utara,

  1. Kemacetan di sepanjang Ruas Pasar-pasar Tumpah.
  2. Tingkat kebosanan tinggi karena jalan relatif Lurus dan tidak seperti jalur selatan yang berliku-liku serta naik dan turun pegunungan.
  3. ada ruas jalan yang lebar dan mulus namun tidak memakai pembatas tengah jalur, rawan kecelakaan.
  4. Kemungkinan Ada beberapa penyempitan jalan karena kemungkinan pembangunan jembatan dan jalan yang belum selesai.

Ane dan segenap Keluarga Besar BM2C mengucapkan ..Selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1431 H dimana pun anda berada.. Minal aidin wal Faidzin, Mohon Ma'af Lahir dan Bathin.. Selamat Mudik dan menikmati perjalanan.. Ingat Moto kita harus "Mudik is Journey and Safety riding is number One".





Posting by,


iwan
Black Vixy '08


Artikel Terkait



4 comments:

Biker's Setia said...

dear BM2C,

thanks yah tips and infonya..
salam bikers,
bravo bikers,
bravo BM2C.

salam,

Pemudik Biker's

iwan Black Vixy '08 said...

Dear Biker's,

Oke bro.. sama2.. Hati2 dijalan dan Keep Safety Ride First brader..
Btw Nama asli-nya dicantumin aja bro gpp.. ga usah malu hehe..

Salam Brotherhood,

iwan Black Vixy '08
Komandan BM2C

fredy said...

nice article bro...semoga bisa berguna bagi para biker yang lain..safety riding...(safety First)

fredy

Co-Komandan BM2C

iwan Black Vixy '08 said...

amiin.. thx brader.. kita berbagi info demi Safety Riding... itu yg baru ane bisa share dengan teman2 bikers... semoga bermanfa'at..


salam brotherhood,

iwan Black Vixy '08
Komandan BM2C

Post a Comment